«

»

Mar 30

14 Pantangan Makanan Penderita Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal

Penyakit gagal ginjal

Gagal Ginjal – Secara normal ginjal kita mengerjakan tuganya dengan sempurna, yakni menyaring darah dari limbah-limbah metabolisme. Akan tetapi, kadang-kadang ginjal gagal mengerjakan tugasnya tersebut, maka keadaan itulah yang dinamakan gagal ginjal, sebagai dampaknya zat-zat yang berbahaya ini tertumpuk didalam tubuh yang memicu munculnya berbagai macam gejala gagal ginjal yang berbahaya.

Biasanya penyakit gagal ginjal dilarang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium dan tinggi protein. Selain dari pada itu, karbohidrat dan mineralnya juga dibatasi. Dan dibawah ini ada beberapa menu makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit gagal ginjal, diantaranya :

1. Nasi – adalah karbohidrat utama untuk sebagian besar dari tubuh kita, tidak mengkonsumsi nasi sama halnya seperti tidak memakan makanan berat. Namun, bagi Anda pengidap penyakit ginjal, sebaiknya menghindari konsumsi nasi, karena bagi pengidap penyakit ginjal nasi bukanlah karbohidrat yang cocok untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan didalam nasi terkandung gula yang akan membuat rasa haus muncul ketika mengkonsumsinya.

2. Kentang – sama halnya seperti nasi, kentang juga merupakan karbohidrat yang harus dihindari, sebab kentang mengandung protein dan tinggi kalori. Mengkonsumsi kentang bisa memicu rasa haus & membuat pengen minum lebih banyak air supaya makanan bisa dicerna dengan baik. Namun sayangnya mineral yang boleh dimakan oleh pasien ginjal sangat dibatasi.

3. Gandum – gandum atau yang berbentuk roti / sereal juga sebaiknya dihindari oleh penderita gagal ginjal, sebab gandum bukan karbohidrat yang pas / cocok untuk pengidap penyakit ginjal, dikarenakan jenis makanan ini sulit dan tidak bisa cepat dicerna oleh tubuh. walaupun gandum itu jenis makanan yang amat baik (sehat), namun pengidap penyakit ginjal tidak boleh memakan makanan olahan yang berbahan dasar gandum tersebut.
4. Daging – berbagai jenis daging seperti daging ayam, sapi dan kambing juga memiliki kandungan tinggi protein hewani yang juga sama-sama disaring oleh tubuh pengidap penyakit ginjal.

5. Keju – merupakan jenis makanan yang juga dilarang untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit ginjal. Dikarenakan keju memiliki kandungan kalium, fostor dan diperkaya kandungan potasium. Penderita penyakit ginjal memang harus menghindari akan kandungan kalium. Sementara makanan yang memiliki kandungan fostor yang tinggi akan tertumpuk didalam aliran darah & menyedot kalsium dalam tubuh.

6. Telur – jenis telur yang mengandung tinggi protein dianjurkan untuk dihindar, karena makanan yang tinggi akan kandungan protein akan susah disaring oleh ginjal. Dikarenakan ginjal para pasien yang menderita penyakit ginjal tidak dapat berfungsi secara maksimal, maka makanan dengan kandungan protein yang tidak bisa disaring akan menumpuk menjadi racun untuk ginjal itu sendiri.

7. Sayuran – jenis sayuran yang memiliki kandungan tinggi mineral & nutrisi juga dilarang untuk dikonsumsi secara berlebihan oleh pengidap penyakit ginjal. Karena mengkonsumsi mineral secara berlebihan sulit dicerna oleh ginjal yang telah russak & akhirnya akan tertumpuk di paru-paru sehingga bisa mengakibatkan terjadinya kematian.

8. Buahan – memanglah merupakan makanan yang biasanya kerap disajikan untuk mereka yang sedang mengalami sakit, namun tidak untuk penderita ginjal. Sebab, penderita penyakit ginjal tidak boleh mengkonsumsi buah yang mengandung tinggi mineral, yakni seperti buah pisang, pir, semangka, kiwi dan lain sebagainya.

9. Gorengan – penderita penyakit ginjal diharuskan untuk menghindari jenis makanan yang di goreng. Karena, minyak yang terlalu banyak bisa memicu terjadinya keracunan asam didalam tubuh, dikarenakan ginjal akan menolak untuk mencerna. Ada baiknya jika penderita mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan cara dikukus / direbus. Tapi, Anda harus selalu memperhatikan kadar mineral yang terserap didalam makanan tersebut.

10. Makanan awetan – dari sebagian orang senang sekali mengkonsumsi makanan yang diawetkan. Terutama khususnya bagi pasien penyakit ginjal, jenis makanan yang diawetkan seperti sosis, sarden, cornet dan lain sebagainya. Pengawet yang berada dalam makanan yang diawetkan itu akan menjadi racun yang manjur untuk memperburuk keadaan ginjal yang sudah tidak sehat.

11. Kacang-kacangan – merupakan jenis makanan yang juga tidak dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Dikarenakan jenis kacang-kacangan itu memiliki kandungan tinggi fostor. Selain dari pada itu, kacang-kacangan juga memunculkan rasa haus.

12. Gula- mengkonsumsi makanan yang mengandung gula/ makanan manis juga akan memunculkan rasa haus. Maka dari itu, penderita penyakit ginjal diharuskan untuk menghindari jenis makanan manis.

13. Garam – makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi akan memicu banyaknya produksi air dalam tubuh. Selain tidak bisa dicerna oleh ginjal, makanan asin juga akan menyebabkan tekanan darah meningkat yang mana bisa memperparah ginjal. Dan untuk itu, pasien penyakit ginjal harus mengatur tekanan darah supaya tetap dalam kondisi normal.

14. Cokelat – merupakan makanan yang mengandung fostor & tinggi potasium. Apabila penderita penyakit ginjal mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium akan memicu terjadinya penyakit gagal jantung, dikarenakan tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Selain dari pada itu, kandungan potasium juga akan melemahkan denyut jantung, membuat detak jantung tidak stabil, serta bisa menyebabkan terjadinya kematian secara tiba-tiba karena serangan jantung.

Selain dengan ke 14 makanan pantangan di atas bagi penderita gagal ginjal, anda juga dapat mengobati penyakit gagal ginjal dengan obat herbal gagal ginjal amazon plus.

Itulah sekilas informasi singkat seputar pantangan makanan bagi penderita penyakit ginjal, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.. Terima kasih

sumber : www.kidneyfund.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>