«

»

Jan 06

9 Ancaman Makanan Siap Saji Terhadap Kesehatan

Ancaman makanan siap saji untuk kesehatan9 Ancaman Makanan Siap Saji Untuk Kesehatan – Ancaman makanan siap saji adalah dampak bahaya yang diperoleh dari makanan yang dibentuk dalam kemasan kaleng, plastik dan jenis kemasan lainnya. Makanan siap saji yaitu mie instan, snack, abon sapi, biskuit, keju, pizza, keripik, sosis, nugget, dan kue kering yang mengandung bahan bahan campuran yang bersifat karsinogenik dan adiktif.

Beberapa ancaman bahaya makanan siap saji untuk kesehatan

  1. Timbulnya Penyakit Kanker

Di dalam makanan siap saji ditemukan bahan lilin dan Msg untuk melindungi mie supaya tidak melekat saat disimpan di dalam plastik yang membungkusnya sementara di makanan siap saji lainnya mengandung Msg yang meningkat. Pada umumnya seluruh jenis makanan ini menggunakan Monosodium glutamate bertujuan supaya makanan tersebut memiliki citarasa yang lebih lezat dan gurih. Tetapi ancaman makanan ini yang memakai jumlah MSG berlebihan justru menimbulkan masalah pada sel sel sehat akan menjadi tidak normal dan menyebabkan perkembangan sel kanker, seperti penyakit kanker darah (leukimia), kanker usus, dan kanker hati.

  1. Mengalami Keracunan

Makanan siap saji memiliki sejumlah kandungan bahan pengawet seperti sodium nitrat dan nitrit yang bisa mengakibatkan seseorang akan mengalami keracunan apabila mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari dan dalam waktu yang lama. Gejala yang dialami jika terserang keracunan yaitu sesak nafas, pusing, muntah, mual sehingga tidak sadarkan diri atau pingsan.

  1. Otak Mengalami Kerusakan

Ancaman makanan siap saji lebih mengarah pada kandungan bahan pewarna dna pengawet yang terdapat di dalam makanan tersebut. Bahan pengawet akan menumpuk dan membangun kristal di tubuh yang lama kelamaan terbawa melewati peredaran darah ke selaput otak sehingga menyebabkan penurunan dalam berkonsentrasi dan pengurangan daya tangkap dan kecerdasan.

  1. Mengalami Stroke

Ancaman makanan siap saji bisa timbul disebabkan dari kandungan garam di dalam jenis makanan ini yang cukup meningkat. Garam nitrat dan nitrit memang bisa menghambat peredaran darah dan memperlambat kelancaran kinerja pembuluh arteri apabila makanan siap saji dikonsumsi dala waktu yang lama. Penghambatan timbul disebabkan dari penimbunan garam nitart dan nitrit di dalam aliran arteri yang pada ujungnya bisa menimbulkan serangan penyakit stroke ringan secara tiba-tiba.

  1. Meningkatnya Kadar Gula Darah

Makanan siap saji memiliki kandungan gula yang cukup meningkat yang bertujuan untuk menyeimbangkan rasa supaya tetap nikmat. Jenis makanan siap saji yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang meningkat yaitu seperti roti, kue kering, dan biskuit yang bisa menimbulkan kadar gula di dalam darah bertambah tinggi. Hal ini beresiko tinggi timbulnya penyakit diabetes tipe 2.

  1. Mengalami Kegemukan

Kandungan gula dan kalori yang meningkat di suatu makanan merupakan penyebab timbulnya ancaman makanan siap saji seperti tubuh mengalami obesitas atau kegemukan. Berbagai macam makanan ini yang mempunyai bahan dasar karbohidrat maka akan meningkatkan berat badan anda dengan cepat dalam waktu kurang lebih satu bulan saja. Maka seimbangkan dengan mengkonsumsi sayur, buah dan air mineral yang cukup supaya dijauhi dari obesitas.

  1. Mengalami Hipertensi

Ancaman makanan siap saji yang sangat sering dialami yaitu meningkatnya tekanan darah. Makanan ini memiliki kandungan garam nitrat dan nitrit, sodium, dan MSG yang dapat bercampur masuk ke dalam jaringan tubuh dan menghambat bahkan memperkecil aliran darah di pembuluh arteri yang pada akhirnya menimbulkan terjadinya penyakit darah tinggi (hipertensi).

  1. Merusak Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi makanan siap saji dalam jumlah yang tidak wajar bisa merusak merabolisme tubuh pada anak-anak. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak menjadi lambat dan tergganggu atau mengalami kesulitan untuk gemuk.

  1. Mengalami Masalah Usus

Zat kimia yang terdapat di dalam makanan siap saji yang mengandung karbohidrat bisa mendorong dan mencederai dinding usus bahkan usus terluka. Bahan pengawet yang memiliki sifat adiktif yang mengancam apabila menempel di usus akan menimbulkan usus menjadi nempel dan luka dengan usus yang lain. hal ini bisa menyebabkan kerusakan usus yang parah dan harus ditangani oleh dokter.

Demikianlah penjelasan 9 ancaman makanan siap saji, jika anda sudah mengetahui ancaman tersebut maka sejak dini harus membatasi untuk mengkonsumsi makanan siap saji dan utamakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar terhindarnya dari serangan macam penyakit yang berbahaya.

Baca info lainnya tentang Cara Mengurangi Asam Lambung dengan Mudah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>