Jan 06

Efek Menggunakan Air Dingin Ketika Mandi

Jika cuaca sedang tidak bersahabat seperti saat hujan atau suhu dingin pasti Anda akan memilih untuk mandi menggunakan air hangat daripada air dingin langsung dari kran. Mandi air hangat memang akan memberikan efek rileks dan nyaman pada tubuh serta menyenangkan.

Efek Menggunakan Air Dingin Ketika Mandi

Tapi tahukah Anda bahwa mandi dengan menggunakan air dingin dapat memberikan manfaat yang jauh lebih besar bagi tubuh Anda? Nah berikut di  bawah ini akan dijelaskan tentang beberapa efek menggunakan air dingin ketika mandi yang tidak bisa diperoleh jika Anda mandi menggunakan air hangat, antara lain:

Mencegah Otot Dari Cedera

Saat kita melakukan aktivitas olahraga  yang cukup berat, otot otot pada tubuh dapat mengalami peradangan dan perlu diistirahatkan. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, otak akan memerintahkan jaringan otot mengerut dan mengembang.

Aktivitas otot yang berlebihan ini dapat menyebabkan jaringan otot mengalami cedera, oleh karena itu disarankan mandi air dingin sehabis melakukan olahraga yang berat. Hal ini masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang yang gemar berolahraga.

Meningkatkan Kerja Organ Ginjal dan Meredakan Rasa Nyeri

Mandi dengan menggunakan air dingin bisa mengatur sistem saraf otonomik, mengurangi pembengkakan, kinerja ginjal, menambah kesehatan rambut, menurunkan nyeri tubuh dan menurunkan nyeri akut.

Menjaga Kesegaran dan Kelembaban Kulit

Mandi pagi dengan menggunakan air dingin sama seperti proses dektoksifikasi yang berguna dalam membuang racun yang terdapat di dalam kulit dan tubuh. Karbondioksida yang terdapat di pagi hari dapat melindungi kelembaban kulit serta kulit juga selalu segar.

Menurunkan Tingkat Stress

Saat mandi pagi, oksigen bisa mengalir dengan baik ke semua area tubuh. Keperluan oksigen yang telah tercukupi, menjadikan tingkat stres menurun.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika Anda beresiko mengidap penyakit diabetes atau kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh, maka Anda dapat mencoba mandi menggunakan air dingin di pagi hari untuk membuang kelebihan gula di dalam tubuh secara alami. Ketika tubuh mengalami penurunan suhu, maka otak akan memerintahkan tubuh untuk memakai zat gula untuk menjaga kestabilan suhu tubuh.

Sungguh merupakan efek menggunakan air dingin ketika mandi yang tidak kita duga selama ini bukan? Mulai saat ini seringlah mandi menggunakan air dinging terutama saat pagi hari karena dapat membuat tubuh Anda lebih segar untuk memulai aktivitas sehari ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.