Mar 22

Hindari Makanan Penyebab Asam Urat Meningkat

Dua penyebab utama penyakit asam urat adalah gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi sehari hari, namun bila kondisi tersebut dikendalikan, penyakit asam urat dapat dihindari. Membuat pilihan makanan sehat dan mengendalikan asam urat dalam tubuh dapat membuat perbedaan besar dalam mengelola faktor resiko penyebab radang sendi asam urat.

Menghindari Konsumsi Soda

Soda tidak memberikan manfaat gizi dan dikemas dengan gula, baik diolah dari bahan alami maupun kimia. Hal ini setara dengan kalori ekstra dalam diet Anda dan akhirnya dapat mengakibatkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.Konsumsi soda yang memiliki lebih rendah kalori, namun tetap memberikan nilai gizi dan sering mengandung aditif, termasuk pemanis buatan.

Tidak Makan Seafood dan Daging Merah

Daging olahan dan makanan hasil laut menjadi sumber natrium dan juga nitrat yang merupakan zat dasar asan urat, yang menyebabkan kadar asam urat meningkat. Maka, pilihlah daging yang tidak diolah seperti daging yang mengandung rendah natrium dan nitrat, seperti daging yang dipanggang.

Mentega

Mentega terbuat dari lemak hewan dan mengandung tinggi kolesterol, kalori dan lemak jenuh. Mentega terbuat dari bahan seperti minyak nabati dan lemak baik yang tinggi, namun bukan berarti makanan ini menjadi pilihan yang baik karena kerap ditemukan di dalam mentega memiliki kandungan lemak trans. Sebaiknya Anda menggunakannya dengan minyak canola atau minyak zaitun sebagai gantinya yang memiliki kandungan lebih rendah kalori, lemak jenuh dan tidak mengandung lemak trans.

Lihat juga informasi tentang obat herbal asam urat akut untuk mengobati penyakit asam urat secara alami.

Makanan Kemasan yang Diawetkan

Kebanyakkan orang menyukai konsumsi makanan yang diawetkan. Terutama bagi pengidap penyakit ginjal, pengawet yang terdapat di dalam makanan yang diawetkan misalnya cornet, sarden, sosis dan lainya banyak memiliki kandungan potasium dan juga sodium. Pengawet tersebut dapat menjadi racun yang efektif dalam memperburuk keadaan ginjal yang tidak sehat lagi.

Itulah jenis jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, setelah Anda mengetahui apa saja makanan yang tidak baik bagi kesehatan ginjal. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda mulai sekarang mencoba menjaga kesehatan ginjal Anda dengan cara menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.