Mar 03

Kebiasaan Untuk Mencegah Kegemukan Di Usia Tua

Cegah Kegemukan di Usia Tua

Cegah Kegemukan di Usia Tua

Kegemukan atau obesitas menjadi suatu hal yang dihindari oleh banyak kaum khusus nya kaum wanita, namun tak terkecuali bagi orang yang lanjut usia. Dengan semakin bertambahnya usia, maka otomatis pula sistem metabolisme tubuh pun ikut melambat.

Proses pembakaran kalori dan energi yang terdapat dalam tubuh jadi tidak sempurna ketika masih remaja atau berusia 20 tahunan. Dampak dari melambatnya sistem metabolisme tubuh tersebut adalah menunpuknya lemak dalam tubuh yang akhirnya menjadikan tubuh kegemukan atau obesitas..

Nah kita akan membahas mengenai beberapa kebiasaan yang dapat kita lakukan untuk mencegah kegemukan di usia tua.

Jangan Melewatkan Sarapan
Kebiasaan pertama yang dapat kita lakukan untuk mencegah kegemukan di usia tua adalah jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam kegiatan sehari hari manusia. Fungsi dari sarapan adalah untuk menjaga tingkat energi tubh seseorang yang nantinya akan digunakan untuk beraktivitas hingga siang hari, selain itu ternyata sarapan dapat juga mencegah obesitas.

Hasil studi yang dituangkan dalam American Journal of Epidemiology membuktikan bahwa orang yang sering melewatkan waktu sarapan, lebih memiliki resiko terkena obesitas 4,5 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang rajin sarapan.

Tidur Cukup dan Berkualitas
Kebiasaan selanjutnya adalah tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur cukup belum tentu berkualitas. Tidur yang berkualitas sedikitnya minimal 6 jam hingga 8 jam sehari. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, termasuk dalam menjaga berat badan agar tetap seimbang.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menyatakan bahwa responden yang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam sehari memiliki resiko bertambah berat badannya secara signifikan dibandingkan dengan yang memiliki waktu tidur 6-8 jam.

Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan, tidak memiliki semangat lebih dalam beraktivitas serta cenderung memiliki rasa keinginan untuk menyantap makanan manis yang memiliki kadar kalori yang tinggi.

Minum Air Putih yang Cukup
Kebiasaan selanjutnya yang dapat kita lakukan untuk mencegah kegemukan adalah minum air putih yang cukup. Tubuh maunisa hampir 60 persen terdiri cairan. Air putih memiliki peranan yang penting untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 173 wanita yang memiliki kelebihan berat badan, responden yang menambahkan satu liter air dalam dietnya setiap hari, mendapatkan hasil yang luar biasa yaitu dapat menurunkan berat badan sebanyak 2,2 kg dalam setahun.

Air putih, selain membantu membuang racun-racun dan sisa makanan yang tidak dapat tercerna oleh tubuh, juga dapat memberikan rasa kenyang pada perut sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan berlebihan pun dapat terkontrol.

Melakukan Kegiatan Olahraga Dengan Rutin dan Teratur
Kebiasaan yang terakhir yang paling jarang dilakukan oleh kita adalah berolah raga. Dengan aktivitas yang padat sangat sulit untuk kita melakukan olah raga padahal olah raga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita serta dapat mengontrol berat badan yang berlebih.

Apabila kita tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan olah raga, dapat kita ganti dengan menggerak gerakan badan. Aktivitas ringan tapi sering dilakukan dalam keseharian sangat bergunna banyak bagi tubuh, mulai dari membantu menurunkan kolesterol, mngontrol kadar gula darah, hingga dapat menurunkan tingkat stres.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat kita lakukan untuk menghindari dan mencegah terjadinya kegemukan di usia dini. Namun kebiasaan kebiasaan tersebut tentunya berlaku juga bagi anak anak muda dan remaja untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.